Simple past tense

Simple past tense – Setelah pada kesempatan kemarin kita telah membahas tense dari keluarga present tense, sekarang kita akan membahas keluarga baru yakni keluarga past tense.

Past tense juga sama dengan keluarga present tense memiliki 4 anggota, yakni; simple past tense, past continuous tense, past perfect tense dan past perfect continuous tense. Keluarga past tense yang pertama kali akan kita bahas adalah “simple past tense” 
Gambar Simple past tense
Simple paste tense adalah tense dalam bahasa inggris yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang telah terjadi. Seperti simple present tense, simple past tense juga memiliki dua bentuk. Bentuk nominal dan bentuk verbal.

Rumus Simple Past Tense


a.      Simple past tense bentuk nominal

Simple past tense bentuk nominal adalah kalimat simple past tense yang tidak memiliki kata kerja alias kata kerjanya menggunakan be (was/were). Rumusnya adalah sebagai berikut.

(+)       S + was/were + complement
(-)        S + was/were + not + complement
(?)        was/were + S + complement

Was digunakan untuk subjek I, he, she, it. Sedangkan were digunakan untuk they, we, you. Setelah kita mengetahui rumusnya, sekarang kita coba belajar membuat contoh kalimat simple past tense dalam bentuk nominal.

(+)       She was a poor in  1998
(-)        She was not  a poor in 1998
(?)        Was she a poor in 1998?

(+)       We were students at SMPN 13 Bogor nine year ago
(-)        We were not students at SMPN 13 Bogor nine year ago
(+)       Were we students at SMPN 13 Bogor nine year ago?

b.     Simple past tense bentuk verbal

Simple past tense bentuk verbal adalah simple past tense yang tidak membutuhkan be karena sudah memiliki kata kerja sendiri. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut;

(+)       S + Verb2 + complement
(-)        S + did + not + Verb1 + complement
(?)        did + S + verb1 + complement

Untuk penjelasan verb2, pelajarannya sudah kita pelajari pada waktu membahas "Perbedaan regular verbdan irregular verb”. Untuk kalimat negative (-) dan interrogative (?) verb nya kembali ke verb1, karena sudah diwakili oleh “did” yang merupakan bentuk dari verb2 yang berasal dari “do – did – done”.

Sekarang mari kita belajar membuat kalimat dengan menggunakan rumus yang sudah kita ketahui di atas.

(+)       I read this book yesterday
(-)        I did not read this book yesterday
(?)        did you read this book yesterday?

(+)       Mr. Ibnu wrote his story in blog
(-)        Mr. Ibnu did not write his story in blog
(?)        did Mr. Ibnu write his story in blog?

Nah itulah sedikit penjelasan dan contoh kalimat simple past tense yang saya dapat sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika anda ada kata-kata yang belum di ketahui artinya, silahkan download kamus bahasa inggris-indonesia untuk desktop atau kamusbahasa inggris-indonesia untuk android. Atau jika mau ebook audio gratis silahkan mampir ke koleksi ebook audio pelajaran bahasa inggris.

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam menjelaskan materi di atas, dan saya harap anda berkenan untuk mengoreksi dan mengingatkan saya jika terdapat kekeliruan. Trimakasih.
Previous
Next Post »