Simple present tense

Simple present tense adalah materi pertama dalam pelajaran grammar. Penggunaan dari simple present tense ini adalah grammar dalam bahasa inggris yang paling sering kita gunakan. seperti pada contoh percakap dalam bahasa inggris yang pada posting yang lalu.

contoh gambar Simple present tenseSimple yang berarti sederhana dan present berarti sekarang. Yang jika diartikan secara bebas simple present tense adalah pola kalimat untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Ada juga yang menyebut simple present tense ini dengan sebutan bentuk 1.

Simple present tense ini digunakan untuk kebiasaan, kejadian fakta, pengulangan. Simple present tense  terbagi kedalam dua bentuk. Pertama adalah bentuk nominal (to be) dan yang kedua adalah bentuk verbal (to Do)

Simple present tense bentuk nominal (to Be)

Simple present tense bentuk nominal adalah sebuah pola simple present yang predikatnya bukan menggunakan kata kerja, tetapi menggunakan to be.  Perhatikan contoh kalimat present tense di bawah ini;

Bentuk Positive (+)
Bentuk Negative (-)
Bentuk Interrogative (?)
S + To be + complement
S + To be + Not + Complement
To be + S + Complement
I am a student
You are student
We are students
They are students
He is a student
She is a student
It is my book
I am not a student
You are not a student
We are not students
They are not students
He is not a student
She is not a student
It is not my book
Am I a student?
Are you student?
Are we students?
Are they students?
Is he a student?
Is she a student?
Is it my book?

Bentuk passive (+) digunakan untuk menceritakan, negative (-) untuk penyangkalan dan interrogative (?) untuk bertanya.

Dari contoh kalimat simple present tense di atas dapat diambil kesimpulan berpasangan dengan am (to be); you, we, they, nama orang/benda jamak berpasangan dengan are (to be); he, she, it, orang ke-3/benda tunggal berpasangan dengan is (to be). Untuk complement (pelengkapnya) menggunakan kata selain kata kerja(nama, benda, profesi dll). Untuk lebih memahaminya, silahkan anda latih sendiri. Dan buatlah beberapa kalimat sederhana dengan menggunakan pola simple present tense ini.

Simple present tense bentuk verbal (to verb)

Simple present tense bentuk verbal adalah sebuah pola simple present yang predikatnya menggunakan Verb1 dan tidak menggunakan to be.  Rumus yang di gunakannya adalah sebagai berikut.

(I, you, they, we) + verb1 + object/adverb
(He,she,it) + Verb1 + s/es + object/adverb

Dari rumus di atas dapat diambil kesimpulan; pada subjek I, you, they, we dan nama orang/benda jamak predikatnya menggunakan verb1, sedangkan pada he, she, it dan orang ke-3/benda tunggal menggunakan verb1+s/es.Perhatikan contoh kalimat di bawah ini;

Contoh Kalimat
I, you, they, we
He, she, it
read every day
You read every day
We read every day
They read every day
He reads every day
She reads every day
Cat reads every day
Write
study
Eat
Drink
Pray
Go
Try
Writes
Studies
Eats
Drinks
Prays
Goes
Tries

Pada kata kerja yang berakhiran dengan huruf ch, o, sh, ss, x, y yang didahului dengan huruf konsonan maka di akhirnya ditambah dengan es, seperti pada katastudies, goes, tries. Adapun pada kata prays walaupun berakhiran dengan huruf y, tetapi didahului dengan huruf vocal maka hanya ditambah dengan huruf s.

Itulah rumus dan contoh dalam kalimat positive. Sekarang kita akan merubah kalimat positive ini menjadi kalimat negative dan interrogative. Perhatikan rumus di bawah ini.

Rumus Kalimat positive (+)
(I, you, they, we) + verb1 + object/adverb => you go to school every morning
(He,she,it) + Verb1 + s/es + object/adverb => he goes to school every morning

Rumus kalimat negative (-)
S + don’t (do not) + verb1 + object/adverb => you don’t go to school every morning
S  + doesn’t (does not) + Verb1  + object/adverb => he doesn’t go to school every morning

Rumus kalimat negative (-)
do + S  + verb1 + object/adverb => do you go to school every morning
does + S  + Verb1 + object/adverb => does he go to school every morning

Perhatikan kalimat negative/interrogative yng menggunakan subjek he, she, it, kata kerjanya (verb) kembali menjadi normal tanpa tambahan s/es, karena sudah ada does.

Silahkan sobat praktekan langsung dengan membuat beberapa kalimat sederhana dengan menggunakan pola simple present tense bentuk verbal ini.


Apabila sobat kesulitan menghafal rumus-rumus gramar ini, silahkan sobat mendaftar di kursus bahasa inggris online di belajaringgris.net. di sana sobat akan diajak belajar grammar tanpa memikirkan rumus, tetapi langsung dipraktekan dalam percakapan.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
June 03, 2017 ×

saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH BASKORO atas bantuannya saya bisa menang togel 4D sudah 2x berturut2 yaitu [ 6721/1305 ]..saya ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang perantau dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon MBAH BASKORO dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi MBAH BASKORO dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan MBAH BASKORO saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja MBAH BASKORO di 085-217-344-419,,karna beliau meman benar-benar paranormal yang bisa dipercaya dan yang punya room terimah kasih banyak atas tumpangannya.

Congrats bro Lisa di malaysia you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar