Past continuous tense

Past continuous tense – Setelah pada kesempatan yang lalu kita belajar simple past tense, sekarang kita akan belajar past continuous tense.

Past continuous tense adalah tense dalam bahasa inggris yang digunakan untuk mengungkapkan tindakan masa lalu yang sedang berlangsung, atau dua peristiwa yang terjadi secara berurutan di masa lalu. Terkadang juga digunakan untuk bertanya secara halus atau lebih sopan.
Gambar Past continuous tense

Rumus past continuous tense

Kalau kita perhatikan dari namanya “past + continuous” berarti ini gabungan dari waktu lalu (past) dengan waktu yang sedang berlangsung (continuous). Coba sekarang kita perhatikan rumus past continuous tense berikut ini.

(+)       S + Was/Were + Verb1 + ing + Object/adverb
(-)        S + Was/Were + not + Verb1 + ing + Object/adverb
(?)        Was/Were + S + Verb1 + ing + Object/adverb

Untuk kata was/were pembahasannya sudah dibahas pada pelajaran “simple past tense”, sedangkan Verb1+ing sudah dibahas di pelajaran “present continuous tense”. Dengan bermodalkan rumus itu, sekarang mari kita belajar membuat contoh kalimat past continuous tense. Yang gampang-gampang aja dulu deh… J J J

(+)       We were fishing when my father came
(-)        We were not fishing when my father came
(?)        Were you fishing when my father came?

(+)       My mother was making cake for our all night yesterday
(-)        My mother was not making cake for our all night yesterday
(+)       Was your mother making cake for our all night yesterday?

*Untuk kata-kata yang belum di mengerti, silahkan dilihat di kamus, jika belum punya mangga di download kamus bahasa inggris-indonesia untuk desktop atau kamus bahasa inggris-indonesia untukandroid.

Itulah sedikit penjelasan tentang past continuous tense yang bisa saya sampaikan di sini. Jika ada kekeliruan, mohoh kesediannya untuk mengoreksinya yah… Trima kasih.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
sutarmaji
admin
January 05, 2019 ×

Sungguh bermanfaat. Terima kasih.

Congrats bro sutarmaji you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar